PENERAPAN PENDEKATAN SAINSTIFIK BERBASIS ESQ PARENTING UNTUK MENGATASI PERMASALAHAN SISWA DAN MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA

  • Ni Made Sari Suniati
Keywords: Pendekatan Saintifik, ESQ Parenting, Permasalahan, Prestasi Belajar IPA.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan siswa dan meningkatkan prestasi belajara IPA. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.5 SMPN 2 Amlapura tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan-tahapan tiap siklus adalah: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Permasalahan siswa dikumpulkan melalui angket dikumpulkan setiap minggu sekali sebelum pertemuan, sedangkan data prestasi belajar IPA dikumpulkan melalui tes prestasi belajar IPA yang dilaksanakan setiap akhir siklus. (1) Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Penerapan pendekatan sainstifik berbasis ESQ parenting dapat menurunkan prosentase permasalahan siswa kelas VIII5 SMPN 2 Amlapura tahun pelajaran 2018/2019 sebesar: masalah keluarga sebesar 7,40%, masalah belum mengetahui cara belajar sebesar 21,5%, masalah sering diganggu teman sebesar 6,20%, dan masalah asmara sebesar 5,50%. (2). Penerapan pendekatan sainstifik berbasis ESQ parenting dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII5 tahun pelajaran 2018/2019, yaitu dari rata-rata prestasi belajar IPA pada siklus 1 sebesar 70,37 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 80,93 sehingga besar peningkatan prestasi belajar IPA adalah sebesar 10,56.

Published
2021-03-07