PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AGAMA HINDU PADA SISWA

  • Ni Luh Putu Kariasih
Keywords: Model Problem Based Learning, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan tujuan untukmeningkatkan aktivitas dan hasil belajar Agama Hindu pada siswa kelas V Semester 2 SD Negei 4 Jungutan Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan penerapan model problem basedlearning. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negei 4 Jungutan berjumlah 21 orang. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari empattahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi/evaluasi, dan (4) refleksi. Objekdari penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Data aktivitas belajar siswadikumpulkan dengan lembar observasi kemudian dianalisis berdasarkan mean ideal dan standar deviasi ideal, sedangkan data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes selanjutnya dianalisisberdasarkan daya serap dan kriterium ketuntasan belajar. Indikator keberhasilan dalampenelitian ini adalah pembelajaran dikatakan berhasil apabila aktivitas belajar siswa minimaltermasuk dalam kategori aktif, daya serap siswa terhadap materi pembelajaran ≥ 70% denganketuntasan klasikal ≥ 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problembased learning (1) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan skor rata-rata aktivitas belajar siswa. Pada siklus I skor rata-ratanya 23,74termasuk dalam kategori aktif meningkat pada siklus II menjadi 24,97 termasuk dalam kategoriaktif sehingga ada peningkatan skor rata-rata sebesar 1,23 (2) dapat meningkatkan hasil belajarsiswa, hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan daya serap dan ketuntasan belajar yang dicapai siswa. Pada siklus I daya serap siswa 71,29% dengan ketuntasan 80,64% dan padasiklus II daya serap siswa 73,23% dengan ketuntasan 87,09%. Jadi ada peningkatan daya serap sebesar 1,94% dan peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 6,45%. Berdasarkan hasil-hasilyang diperoleh tersebut, maka kedua hipotesis tindakan yang diajukan dapat diterima sehinggadapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajarAgama Hindu siswa kelas V semester 2 SD Negei 4 Jungutan TahunPelajaran 2019/2020. Kepada para guruAgama Hindu disarankan untuk menerapkan modelproblem based learning sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran Agama Hindu sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat.

 

Published
2021-03-03