PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA

  • Ni Made Juniati
Keywords: model pembelajaran Problem Based Learning, prestasi belajar.

Abstract

Penggunaan model pembelajaran baru sangat menentukan prestasi belajar siswa. Hal tersebut menyebabkan peneliti mengganti cara pembelajaran lama yang berhari- hari dilakukan itu- itusaja menjadi model pembelajaran yang mengikuti kemajuan zaman. Hal tersebut menuntun peneliti untuk melakukan penelitian tindakan kelas. Tujuan melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini mengambil subjek penelitian pada kelas VIIIG di SMP Negeri 1 Sidemen pada semester 1 tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 30 orang. Penelitian ini menggunakan tes prestasi belajar sebagai data hasil penelitian. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun data kuantitatif. Setelah semua proses dilalui diperoleh data dari hasil analisis bahwa tes awal mencapai nilai rata – rata sebesar 62 meningkat pada siklus yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 75 kemudian meningkat lagi pada siklus II deangan nilai rata – rata sebesar 79. Untuk nilai ketuntasan pada tes awal mencapai 33.3% meningkat pada siklus I sebesar 56,7% dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 86,7%. Peningkatan prosentase yang diperoleh tersebut merupakan kerja keras peneliti dari membuat perencanaan yang baik, melaksanakan proses pembelajaran dikelas mengikuti teori- teori para ahli dan menyiapkan segala media pendukung untuk mencapai peningkatan prestasi belajar. Setelah pelaksanaan dilakukan, dilanjutkan dengan observasi dan refleksi keberhasilan tersebut menuntut peneliti membuat kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan prestasi belajar.

Published
2021-03-03