PENUGASAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA BALI

  • I Komang Arta
Keywords: model pembelajaran Kuantum, prestasi belajar.

Abstract

Berdasarkan permasalahan awal menunjukkan kemampuan siswa kelas IX C SMP Negeri 3 Selat untuk mata pelajaran Bahasa Bali masih rendah, maka perlu ada upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa tersebut. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk melihat apakah model pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam kemampuan berbicara bahasa Bali. Dalam belajar data pada penelitian menggunakan metode tes prestasi belajar. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini memperoleh hasil yaitu model pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.Hal ini dari hasil yang diperoleh pada awalnya nilai rata-rata mencapai 46,6, pada siklus I nilai rata-rata mencapai 64,19 dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 76. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat menunjukkan bahwa model pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX C.

 

Published
2020-12-29