PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP MOTIVASI SISWA DAN PEMAHAMAN KONSEP PADA PELAJARAN PKN

  • I Nyoman Budhiyasa
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation, Motivasi Siswa, Pemahaman Konsep.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan (1) motivasi siswa dan (2) Pemahaman konsep siswa melalui penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang pelaksanaannya dirancang melalui dua siklus. Rancangan dari masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Setiap siklus dilaksanakan dalam 3 kali tatap muka di kelas dan diakhiri dengan tes akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Kesimpar Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 19 orang siswa. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah motivasi dan pemahaman konsep siswa. Data tentang motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan lembar observasi yang berisikan enam indikator motivasi belajar siswa Data tentang pemahaman konsep siswa dikumpulkan dengan tes kuis setiap kali pertemuan dan tes pemahaman konsep pada akhir siklus, kemudian hasil semua tes dirataratakan. Selanjutnya, data yang telah dikumpulkan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan Motivasi siswa dan pemahaman konsep dan kelas VI SD Negeri 2 Kesimpar Tahun Pelajaran 2019/2020. Rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I 9,8 dengan kategori Sedang, kemudian pada siklus II rata-rata motivasi belajar siswa 12, 7 berada pada kategori Tinggi. Ini berarti terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 2,9. Ini berarti terjadi peningkatan motivasi siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Model pembelajaran kooperatif tipe GI dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Kesimpar Tahun Pelajaran 2019/2020. Rata-rata pemahaman konsep siswa pada siklus I 77,89 kemudian pada siklus II rata-rata pemahaman konsep siswa 80,23. Ini berarti terjadi peningkatan pemahaman konsep siswa dari siklus I ke siklus II.
Published
2020-12-29