IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN HEURISTIK VEE BERBANTUAN KARTU DIAGNOSIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA

  • I Nyoman Oka Ardana
Keywords: heuristik vee, kartu diagnosis, hasil belajar dan motivasi belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 di kelas V SD Negeri 7 Ababi dengan model Heuristik Vee Berbantuan Kartu Diagnosis dan (2). Meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA semester II tahun pelajaran 2019/2020 di kelas V SD Negeri 7 Ababi dengan model Heuristik Vee Berbantuan Kartu Diagnosis dan Penelitian ini menggunakan seting dua siklus. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes obyektif dan data motivasi belajar dikumpulkan dengan lembar observasi. Hasil analisis data menunjukkan, (1) penerapan model Heuristik Vee Berbantuan Kartu Diagnosis dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran IPA semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 SDN 7 Ababi dan (2) penerapan model Heuristik Vee Berbantuan Kartu Diagnosis dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V dalam pembelajaran IPA semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 SDN 7 Ababi.

Published
2020-12-29