PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

  • I Wayan Ariana
Keywords: Problem Based Instruction, motivasi belajar siswa, prestasi belajar PKN.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Tista melalui penerapan model Problem Based Instruction, (2) meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Tista melalui penerapan model Problem Based Instruction Problem Based Instruction dan (3) mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh siswa dalam belajar PKn dengan model pembelajaran Problem Based Instruction pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Tista tahun ajaran 2019/2020. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Tista yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Problem Based Instruction dalam pembelajaran PKn dan obyek penelitian berupa motivasi belajar dan prestasi belajar PKn. Untuk mengukur motivasi belajar siswa digunakan angket motivasi belajar, sedangkan untuk mengukur prestasi belajar digunakan tes prestasi belajar yang diberikan pada akhir tiap tindakan dan akhir tiap siklus. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil analisis data, diperoleh beberapa hal sebagai berikut. Pertama, penerapan model Problem Based Instruction dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Tista. Hal ini dapat terlihat dari nilai rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata10,5 dengan kategori cukup, pada siklus II dengan rata-rata 14,8 dengan kategori tinggi. Kedua, penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas kelas VI SD Negeri 2 Tista. Hal ini dapat terlihat dari hasil nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 63,8 dengan ketuntasan belajar 60%; pada siklus II dengan rata-rata 72,6 dengan ketuntasan belajar 91%.

Published
2020-12-29