PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SISWA

  • I Nyoman Sutama
Keywords: Hasil Belajar dan Media Powerpoint.

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Tianyar Barat pada pembelajaran tematik indahnya kebersamaan melalui media Powerpoint. Salah satu penyebab rendahnya nilai pembelajaran tematik di SD Negeri 2 Tianyar Barat adalah kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran guru hanya menggunakan buku sebagai media pembelajaran. Guru kurang mengemas dan memadukan dengan media pembelajaran lainnya. Sehingga siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru. Pendidik yang cerdas harus pandai dalam memilih media pembelajaran agar siswa dapat termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: apakah dengan media Powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar tematik indahnya kebersamaan pada siswa kelas IV Semester I SD
Negeri 2 Tianyar Barat, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem tahun pelajaran 2018/2019? Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah-langkah dalam PTK ini adalah perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Dengan objek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 10 siswa. Hasil penelitian pada pra siklus menunjukkan siswa yang tuntas sebanyak 2 siswa dalam persen sebesar 20%. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa dalam persen sebesar 80%. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa dalam persen sebesar 100%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media Powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar tematik indahnya kebersamaan pada siswa kelas IV Semester I SD Negeri 2 Tianyar Barat Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2018/2019.

 

Published
2020-12-29