PENERAPAN METODE DISKUSI DENGAN RESITASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA

  • Gede Putu Widarka
Keywords: Metode Diskusi dengan Resitasi, Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui penerapan metode diskusi dengan resitasi dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti siswa kelas II SD Negeri 5 Seraya Barat.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 5 Seraya Barat tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 21 orang siswa, terdiri dari 7 orang laki-laki, dan 14 orang perempuan. Penelitian dilakukan di SD Negeri 5 Seraya Barat Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan yaitu dari bulan September sampai dengan Desember 2018. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Satu siklus terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Kemudian data dianalisis dengan tekhnik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar, pada refleksi awal rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti sebesar 61,90 dengan ketuntasan belajar 42,85%. Kemudian, pada siklus I rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti meningkat menjadi 72,86 dan ketuntasan klasikalnya 61,90% masih kurang dari ketuntasan klasikal yang ditetapkan 85%. Dengan demikian, pembelajaran pada siklus I belum tuntas. Pada siklus II rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti mengalami peningkatan menjadi 84,05 dan ketuntasan klasikalnya 90,48%, dengan demikian pembelajaran pada siklus II sudah berhasil dan melebihi target yang ditetapkan.

Published
2020-12-29