PENERAPAN INQUIRY BASED LEARNING BERBANTUAN ANIMASI PHET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN SIFAT KOLIGATIF LARUTAN

  • I Wayan Nurasa
Keywords: Inquiry Based Learning, PhET, Hasil Belajar, Motivasi Belajar.

Abstract

Pembelajaran kimia selama ini membosankan, karena sepenuhnya pembelajaran belum memberikan kesempatan siswa untuk membentuk pengetahuannya sendiri. Kegiatan eksperimen yang dilaksanakan masih monoton sehingga membuat siswa kurang termotivasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa melalui penerapan Inquiry Based Learning Berbantuan Animasi PhET pada materi sifat koligatif larutan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 4 SMA Negeri 1 Selat pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 orang. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar yang diambil dengan menggunakan tes yang berjumlah 15 butir untuk tiap siklus dan motivasi belajar yang diambil dengan kuesioner yang berjumlah 20 butir tiap siklus. Kriteria keberhasilan tindakan jika hasil belajar memiliki rata-rata lebih besar atau sama dengan 65 dan ketuntasan klasikal lebih besar atau sama dengan 85%. Untuk motivasi minimal berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Penerapan Inquiry Based Learning berbantuan animasi PhET dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XII MIPA 4 SMA Negeri 1 Selat tahun pelajaran 2019/2020 pada pokok bahasan sifat koligatif larutan. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 67,7 dan meningkat pada siklus II menjadi 82,1. Hasil ini mengindikasikan terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 21,3%; 2) Penerapan Inquiry Based Learning berbantuan animasi PhET dapat meningkatkan motivasi belajar kimia siswa kelas XII MIPA 4 SMA Negeri 1 Selat tahun pelajaran 2019/2020 pada pokok bahasan sifat koligatif larutan. rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I adalah 75,9 dan meningkat pada siklus II menjadi 83,0. Hasil ini mengindikasikan terjadi peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 9,3%.

Published
2020-12-29