IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBASIS INFORMATION AND TECHNOLOGY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Dewa Ayu Alit Trisna Ayu
Keywords: Numbered Head Together, Information and Technology, hasil belajar.

Abstract

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Model pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran sangat mempengaruhi hasil belajar siswa Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini : Apakah dengan Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbasis Information and Technology dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Manggis Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020? Metode pengumpulan datanya adalah tes hasil belajar dan analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Manggis Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat ditingkatkan dengan Implementasi model pembelajaran Numbered Head Together berbasis Information and Technology. Hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan hasil belajar, yaitu dari rata-rata hasil belajar pada pra siklus sebesar 74,88 meningkat menjadi 77,16 pada siklus I dan meningkat menjadi 78,81 pada siklus II. Begitu juga dengan ketuntasan klasikal pada pra siklus sebesar 21,88% meningkat menjadi 68,75% pada siklus I dan meningkat menjadi 100% pada siklus II.

Published
2020-12-30