PENERAPAN METODA PEMBERIAN TUGAS BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN KEGIATAN MENEMPEL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SENI ANAK

  • Dewa Ayu Anom Pratiwi
Keywords: Metoda Pemberian Tugas, kegiatan menempel, kreativitas seni.

Abstract

Adapun Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas, Penelitian tindakan kelas, dilakukan untuk meningkatkan kreativitas seni melalui kegiatan menempel dengan media kertas. Subjek penelitian adalah Kelompok B1 TK Pembina  Karangasem Amlapura sebanyak 31 orang. Penelitian dirancang dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/penilaian, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan hasil pengamatan terhadap kemampuan dan keaktifan anak dan dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan rata-rata kemampuan dan keaktifan berada pada kategori B (Baik). Kegiatan dalam Menempel dengan berbagai media dapat meningkatkan kreativitas seni anak Kelompok B1 TK Negeri Pembina Karangasem Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017, dari 31 orang anak seluruhnya terdapat 61% yang Aktivitas seninya berkategori cukup, 35% Aktivitas seninya berkategori Baik, dan 3 % Aktivitas seninya berkategori Sangat baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Aktivitas seni anak belum memenuhi indikator keberhasilan yakni kemampuan seni dalam kategori Cukup dan tinggi mencapai angka di bawah ketuntasan 65,00%. Dari 31 orang anak seluruhnya terdapat 45 % yang Aktivitas seninya berkategori cukup, 48% berkategori baik, dan 6% Aktivitas seninya berkategori Sagat baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Aktivitas seni anak belum memenuhi indikator keberhasilan ketuntasan baru 59% yakni kemampuan seni dalam kategori sedang dan tinggi menapai angka di atas 65,00%. Aktivitas seninya berkategori tinggi/baik dari Pra Siklus ke Siklus I dan Siklus II. Peningkatan jumlah anak yang Aktivitas seninya berkategori dengan perolehan awal siklus sebanyak 24% pada Siklus I menjadi 55% pada Siklus II menjadi 94 % .

Published
2020-12-30